Selasa, 09 Juli 2013

FAKTOR PENYEBAB / PEMICU JERAWAT (AKNE)

Anda dipusingkan dengan akne (jerawat)? Rasa percaya diri Anda berkurang gara – gara jerawat? Sebaiknya Anda pahami dulu beberapa faktor penyebab / pemicu jerawat (acne).

Komedo Hitam (Black Head) Vs Komedo Putih (White Head)
Akne bisa berupa black head (komedo hitam), white head (komedo putih), nodulespapulae, dan cystic (kista). Komedo adalah lesi (luka) akne primer yang ringan. Black head terjadi karena folikel rambut yang tersumbat terbuka. Sedangkan white head terjadi karena folikel rambut yang tersumbat masih tertutup.

Wujud Akne (Jerawat) Lainnya
  1. Papulae adalah lesi akne kecil (berdiameter: 0.5 cm), berwarna kemerahan, dan sedikit menonjol di kulit. 
  2. Pustules adalah lesi akne kecil dan empuk yang terdapat pus (nanah). Dasar pustules biasanya kemerahan.
  3. Nodules adalah lesi akne yang lebih besar (bengkak) dan tertanam lebih dalam daripada papulae, berbentuk bundar, dan terasa sakit.
  4. Cysts juga terasa sakit dan tertanam lebih dalam dari pada nodulesCysts berisi cairan atau materi semi padat. Nodules dan cysts bisa menimbulkan jaringan parut besar.

-->
Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Akne (Jerawat)
  1. Faktor utama penyebab akne adalah hormon yang meningkatkan produksi sebum. Produksi hormon seks Androgen yang tinggi di masa puber merupakan pemicu utama acne (jerawat). Peningkatan Androgen dan cortisol (semacam hormon steroid) juga terjadi saat stres. Stres memperlambat penyembuhan sehingga memperparah inflamasi. Hormon lain pemicu akne adalah peningkatan lutenizing hormone (LH) pada wanita setelah ovulasi dan kelainan kelenjar endocrine (kelenjar pemroduksi hormon) seperti pada kista ovarium dan tumor.
  2. Obat-obatan: pil KB (oral contraceptive) yang meningkatkan produksi hormon progesterone dan steroid untuk membesarkan otot bisa menimbulkan akne (jerawat).
  3. Sinar matahari / ultraviolet meningkatkan produksi sebum dan keratin yang memperparah akne. Juga membuat bekas akne lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.
  4. Faktor genetika bisa dilihat dari riwayat keluarga. Misalnya, kakek dan ayah pernah berjerawat, maka anaknya rentan berjerawat pula.
  5. Makanan: walaupun diperdebatkan, makanan diperkirakan bisa mempengaruhi kondisi akne. Misalnya alergi bahan makanan tertentu. Selain itu, produk susu atau makanan berlemak bisa mengeraskan feces sehingga tertahan lebih lama di kolon (usus besar). Feces merupakan sumber toxins (racun). Akibat “penumpukan” feces, racun tubuh beredar ke tubuh melalui peredaran darah sehingga menyebabkan gangguan kesehatan antara lain berjerawat. Maka usahakan BAB teratur setiap hari.

Mitra Laboratorium Klinik mengatasi jerawat (akne) dengan Blue Light dan HeNe Laser. Terapi ini secara kolektif disebut 3LT (Low Level Light Therapy).

Informasi dan pendaftaran:

Mitra Laboratorium Klinik
Jl. Stadion Selatan 11, Semarang. [KAMI HANYA DI SEMARANG. TIDAK ADA CABANG]
Telepon: 024 – 844 4149 atau 024 – 831 6334
Handphone: 081 90 111 8719 (XL) atau 0811 272 65 33 (HALO).
Black Berry PIN: 2A42AE07
Blog: www.mitralab.blogdetik.com


Blog - blog terkait lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar