Rabu, 10 Juli 2013

PANEN JERAWAT (AKNE)

Apa itu Akne / Jerawat?

Banyak orang pernah berjerawat (akne) semasa hidupnya. Akne tidak berbahaya, tetapi merepotkan jika menyerang wajah. Akne adalah inflamasi (peradangan) pilosebaceous unit (PU) di kulit. PU terdiri dari folikel (akar) rambut dan beberapa sebaceous glands (kelenjar sebaceous di bawahnya. Sebaceous glands memproduksi minyak sebum yang melembabkan dan melindungi kulit dan rambut. Sebum tidak langsung mengalir ke permukaan kulit namun dilepaskan dari kelenjar sebaceous ke folikel rambut dahulu.

-->


Produksi sebum berlebih di folikel rambut menimbulkan akne. Akumulasi sebum bercampur dengan pertumbuhan keratinocyte (salah satu jenis sel kulit yang memproduksi keratin) menyumbat folikel rambut dan menjadi habitat baik untuk pertumbuhan bakteria Propionibacterium acnes (P. acnes) yang memproduksi enzim penyebab peradangan.

Faktor penyebab / pemicu jerawat silakan baca artikel di URL link ini:
http://mitralab-skin.blogspot.com/2013/07/faktor-penyebab-pemicu-jerawat-akne.html

Dampak akne (jerawat)
Dampak akne pada kulit antara lain hyperpigmentasi (warna kulit pada bekas akne lebih gelap dari pada kulit sekitarnya) dan jaringan parut seperti cekungan dalam dan bergerigi terlihat jelas.

Akne bisa berakibat psikologis seperti kurang percaya diri dan depresi.

Perawatan akne (jerawat)
Merawat akne terdiri dari mengurangi aktivitas keratinocytes dan sebaceous glands yang berlebih, membunuh P. acne, dan mengurangi inflamasi. Tujuan perawatan akne adalah meminimalkan bekas akne, mengusahakan bebas akne selama mungkin, dan menghindari efek samping negatif seperti gangguan organ, dan sebagainya.

Terlalu sering membersihkan atau menggosok keras (scrubbing) kulit tidak bermanfaat karena akne timbul dari dalam tubuh. Justru memperparah karena sabun bisa menyebabkan iritasi dan inflamasi folikel rambut. Namun kulit yang dibersihkan dua sampai tiga kali sehari cukup mengurangi kotoran, kelebihan minyak dan sel kulit mati, dan mencegah penyebaran infeksi. Gunakan sabun khusus akne untuk membersihkan kulit seperti yang mengandung salicylic acid untuk meredakan inflamasi.



Hindari memencet akne (jerawat) karena bisa memperparah inflamasi, menyebarkan P. acne ke bagian kulit lain, dan menimbulkan bekas besar ketika akne hilang. Akne yang dipencet dengan jari kotor beresiko terinfeksi kuman jenis lain.

Akne ringan bisa dirawat dengan obat bebas (OTC) seperti salep yang mengandung salicylic acid, sulfur, benzoyl peroxide, resorcinol, atau minyak pohon teh (tea tree oil). Produk-produk ini bisa menimbulkan kulit kering dan iritasi.

Antibiotika seperti clindamycin dan tetracycline digunakan menurut resep dokter untuk membunuh P. acne. Namun antibiotik bisa menyebabkan alergi dan / atau kuman menjadi kebal antibiotik jika salah pemakaian.

Perawatan kimia lain seperti alpha hydroxyl acid atau retinoic acid mencegah kemunculan komedo dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Metode ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Isotretinoin seperti Accutane digunakan pada penderita acne berat yang tidak mempan terhadap perawatan lain. Efek samping isotretinoin beresiko antara lain gangguan mental, gangguan liver, kulit kering, meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari, dan cacat janin jika digunakan saat hamil.

Solusi mutakhir
Solusi lain yang lebih aman karena bebas efek samping, bebas rasa sakit, dan tidak invasif adalah Low Level Light Therapy (3LT) yang terdiri dari Blue Light (Sinar Biru) dan HeNe laser. Blue light membunuh P. acne dengan menghancurkan porphyrin, molekul yang diproduksi P. acne. Porphyrin yang hancur menghasilkan radikal bebas yang membunuh P. acne. Sedangkan HeNe laser berfungsi mengurangi inflamasi dan melancarkan peredaran darah.

Terapi pelengkap
Colon Hydrotherapy (Irigasi Kolon / Cuci Usus Besar) menggelontor kolon melalui anus dengan air steril hangat untuk membersihkan gas, kumpulan lendir, dan sisa feces yang berupa kerak-kerak di dinding kolon. Sisa feces merupakan sumber toxin yang memperparah akne.

Informasi silakan hubungi:

Websites:
www.mitralab.com (ENGLISH)
www.mitralab.com/home_indo.html (bahasa Indonesia)

Blog
www.mitralab.blogdetik.com

Email
mitralab@gmail.com

Facebook: Mitra Laboratorium Klinik


Telepon: 024 - 844 4149 atau 024 - 831 6334 (Minggu dan Tanggal MERAH tutup).

Handphone (SMS dan telepon):  081 90111 8719 (XL) atau  081 1 272 6533 (HALO)

BlackBerry PIN: 2A42AE07



Blog - blog terkait lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar