Sabtu, 17 Agustus 2013

CARA MENCEGAH JERAWAT (ACNE / AKNE)

Penulis: Silvan S. Prayogo, BSc. Biochemistry & Mol. Biology, MSc. Biotechnology

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat (acne / akne):

Menjaga kebersihan kulit 

Kulit sebaiknya dibersihkan dua kali sehari untuk menyingkirkan kotoran, sel kulit mati, dan kelebihan minyak dari permukaan kulit. Mencuci kulit lebih dari dua kali sehari belum tentu membuat kulit lebih baik. Terlalu sering mencuci kulit terutama kulit yang berjerawat justru bisa membuat jerawat (akne / acne) menjadi lebih parah atau iritasi.

Gunakan air hangat untuk membersihkan kulit. Jangan menggunakan scrub / penggosok kasar pada permukaan kulit yang sedang berjerawat / terluka karena bisa memperparah kondisi kulit. Hindari sabun "keras" pada kulit berjerawat misalnya sabun yang mengandung deodoran. 

Menjaga kelembapan kulit

Banyak produk - produk anti jerawat (akne / acne) yang justru membuat kulit kering. Maka, sebaiknya menggunakan pelembap kulit yang berlabel "non-comedogenic" (tidak menyebabkan komedo / jerawat). 



-->  

 Jangan terlalu sering / banyak memakai make up
Jangan menggunakan foundation, bedak, dll saat kulit berjerawat. Jika Anda memang harus menggunakan make up (saat berjerawat maupun saat tidak berjerawat), maka sebaiknya make up segera dibersihkan dari kulit di akhir hari (misal: seusai menghadiri pesta). Usahakan menggunakan make up yang tidak mengandung minyak (oil). Carilah produk make up berlabel "non - comedogenic". 

Menjaga rambut

Jagalah rambut supaya bersih dan tidak berminyak. Rambut berminyak bisa menyumbat pori - pori kulit sehingga menyebabkan jerawat. Rambut (terutama rambut berminyak) sebaiknya juga tidak menutupi kulit wajah. Ikatlah rambut panjang supaya tidak mengenai kulit wajah. 

Pilihlah produk - produk rambut yang tidak mengandung pewangi (fragrances), minyak (oil), pomade, atau gel. Gunakan shampo dan conditioner yang lembut bagi kulit.

Jauhkan tangan dari wajah

Hindari godaan untuk menyentuh kulit wajah (terutama pipi dan dagu) dengan tangan karena bisa menyebarkan kuman - kuman di kulit. Jika Anda berjerawat / berkomedo, hindari memencet / memecah jerawat / komedo dengan tangan karena justu bisa memperparah jerawat dan menyebabkan jaringan parut (bekas jerawat / akne) ketika jerawat sembuh.

Jangan terlalu lama / terlalu sering terpapar sinar matahari

Sinar ultraviolet dalam sinar matahari bisa memperparah jerawat. Jerawat bisa meradang dan memerah jika terpapar sinar matahari. Gunakan topi lebar yang bisa menutupi kulit wajah, sun screen ber SPF 15 atau lebih selambatnya 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari, dan hindari sinar matahari dari jam 10:00 sampai jam 14:00. 

Rutin berolah raga

Olah raga memperlancar peredaran darah ke kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Namun, jangan lupa untuk segera mandi / mencuci kulit seusai berolah raga karena keringat bisa menyumbat pori - pori kulit sehingga memicu jerawat (akne / acne). Hati - hati saat berolah raga supaya kulit tidak terkena gesekan bahan baju dan / atau peralatan olah raga hingga lecet / iritasi.

Makan makanan sehat

Walaupun peran makanan dalam kemunculan jerawat masih diperdebatkan, namun sebaiknya Anda mengurangi makanan - makanan berlemak (misal: makanan cepat saji / junk food). Perbanyak makanan sehat dan segar seperti sayur mayur, gandum, dan buah - buahan. Jangan lupa untuk minum air secukupnya. 

Sebaiknya Anda juga memperhatikan makanan apa sajakah yang memicu kemunculan jerawat Anda.

Mengurangi stress

Beberapa penelitian menunjukkan stress bisa memicu jerawat (akne / acne). Sebaiknya Anda berusaha mencari solusi dari stress Anda. Anda sebaiknya tidur secukupnya (8 jam sehari) dan tidak begadang terlalu malam. 

Referensi:


  1. Situs jejaring Web MD, "Your Guide to Teen Acne: What Helps, What Hurts," URL Link: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/teen-acne-13/10-tips-for-preventing-pimples.
  2. Situs jejaring WikiHow,"How to Prevent Acne Outbreaks," URL Link: http://www.wikihow.com/Prevent-Acne-Outbreaks.

Informasi mengenai pengobatan jerawat di Semarang (pengobatan jerawat di Jawa Tengah) silakan hubungi

Mitra Laboratorium Klinik
Jl. Stadion Selatan 11, Semarang, Jawa Tengah.
Kami hanya ada di Semarang, Jawa Tengah. Kami tidak ada cabang di tempat / di kota lain.

Telepon: 024 - 844 4149 atau 024 - 831 6334

Handphone: 081 90 111 8719 atau 0811 272 6533

Black Berry PIN: 2A42AE07

Email: mitralab@gmail.com

Facebook: Mitra Laboratorium Klinik


Mohon jangan datang mendadak. Anda harus mendaftar dulu selambatnya sehari sebelum tanggal yang dipilih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar